Senin, 22 Juli 2013

Proses Masuknya Agama Islam ke Indonesia

Postingan kedua saya tulis artikel tentang proses masuknya Islam ke Indonesia. Tanpa basa basi kita langsung aja simak ulasan singkatnya:
 Masuknya agama islam di Indonesia terdapat dua pendapat :
pendapat pertama , kedatangan agama Islam terjadi pada abad pertama Hijriah atau sekitar abad ke -7 M. didukung bukti-bukti :

1. Catatan Sejarah Kerajaan Cina
Menurut catatn iini pada zaman dinasti Tang terdapat orang -orang Tashih untuk menyerang Kerajaan Holing yang diperintahkan oleh Ratu Sima ( 674 M ). Namun rencana tersebut kemudian dibatalkan karena kuatnya pemerintah Ratu Sima . Sebutan Ta-Shih dalam berita itu ditafsirkan sebagai orang-orang arab

2. Berita Chou Ku- Fei ( 1178 M ).
Menurut berita ini, didaerah Indonesia saat itu terdapat dua temmpat yang menjadi komunitas orang Ta-Shih , yaitu Fo-Lo-On dan Sumatra Selatan. Wilayah ini merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwiajya. Fo-lo-on sekarang lebih dikenal sebagai Kuala Brag,Trengganu,Malaysia.

3. Berita Jepang ( 784 M )
Berita ini menceritakan perjalana Pendeta Kanshin ke Indoensia . dalam berita tersebut dikemukakan bahwa pada masa itu di Kanton terdapat kapal-kapal Po-sse dan Ta-Shih K-uo . Oleh para ahli , istilah Po-sse ditafsirkan sebagai bangsa melayu, sedangkan Ta-Shih ditafsirkan sebagai orang-orang Arab dan Persia.

Pendapat Kedua :
Agama Islam Masuk ke Indonesia pada abad ke 13. pendapat ini didasarkan pada munculnya Kerajaan Samudra Pasai yang bercorak Islam, pada bada 13 M. Pendapat ini diperkuat oleh bukti-bukti sebagai berikut :
1. Catatan Perjalanan Marcopolo ( 1292 M )
Catatan ini mengisahkan perjalanan Marcopolo ke Sumatra bagian Utara. Pada saat itu , Marcopolo sempat singgah ke Kerajaan Islam Samudra Pasai dalam pelayarannya kembali ke Eropa dari Cina.

2. Berita Ibnu Batutah
Pendapat kedua juga didukung oleh berita Ibnu Batutah pada abad ke 13 serta batu nisan Sultan Malik as Shaleh ditemukan di Sumatra Utara tahun 676 H ( 1297 M ) . Sultan Malik as Shaleh dikenal sebagai pengajar tasawuf yang kemudian menjadi raja di Kerajaan Samudra Pasai.

Demikian beberapa pendapat diatas yang memberi gambaran bahwa proses masuknya agama Islam ke Indonesia tidak dilakukan secara bersamaan untuk tiap daerah. Namun demikian, para ahli sependapat bahwa pengaruh Islam pertama kali muncul di Pulau Sumatra. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya prasasti yang menggambarkan kerajaan di pulau ini sebagai sebuah kerajaan Islam.
Golongan pembawa agam Islam di Indonesia adalah kaum Pedagang. Selain sebagai kewajiban seorang muslim, penyebaran agama melalui perdagangan.

ads

Ditulis Oleh : Ibar Heln Hari: 18.18 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar